sharing yuk

Informasi Mengenai Nihongo Noryoku Shiken

Orang-orang yang belajar bahasa Jepang tentu tidak asing dengan istilah 1 kyu, 2 kyu, 3 kyu, dan 4 kyu. Apalagi istilah Moji dan Goi, Chokai, Bunpo dan Dokkai. Istilah 1 kyu, 2 kyu, 3 kyu, dan 4 kyu, namun mulai tahun 2010 akan tidak dipakai lagi. Istilah yang akan dipakai adalah N1, N2, N3, N4, dan N5.

Nihongo Noryoku Shiken mulai tahun 2010 terdiri atas 5 Level (N1~N5). Alasan diberlakukan 5 level ini adalah karena banyaknya keluhan tentang jauhnya perbedaan tingkat kesulitan soal dari level 3 ke level 2, sehingga banyak yang kesulitan untuk lulus level 2. Adapun penjelasan dari kelima level tersebut adalah sebagai berikut:
N1: Level soal sama dengan 1 Kyu sekarang ini, tetapi dari segi kualitas dan bobot soal akan lebih sulit
N2: Level soal hampir sama dengan 2 Kyu saat ini
N3: Level soal antara 3 Kyu dan 2 Kyu
N4: Level soal hampir sama dengan 3 Kyu saat ini
N5: Level soal hampir sama dengan 4 Kyu saat ini.
Mengenai format soal yang akan diujikan (selama ini terdiri atas: Moji dan Goi, Chokai, Bunpo dan Dokkai), sedangkan Nihongo Noryoku Shiken yang baru terdiri atas 2 jenis soal inti, yaitu Yomu Shiken dan Kiku Shiken. Yomu Shiken terdiri atas Moji dan Goi, Bunpo, dan Dokkai. Sedangkan Kiku Shiken akan ada perbedaan dari yang sebelumnya.
Nihongo Noryoku Shiken yang memakai istilah N akan diadakan 2 kali dalam setahun, yakni bulan juli dan desember namun bulan juli khusus untuk wilayah JABODETABEK hanya level N1, N2 dan N3, sedangkan pada bulan desember dilaksanakan N1 sampai N5 dan tempatnya sama seperti tahun-tahun sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut